SESSION Adalah ? : PHP

SESSION pada PHP, merupakan fitur yang di miliki dalam pemprograman PHP. PHP bekerja  di dalam server atau tereksekusi di sisi server atau biasa tersebut server side. Sehingga dengan kata lain klien tidak mengetahui kode-kodenya berbeda dengan javascript yang bekerja secara client side yang dapat melihat source kode yang di tulis oleh programmer. SESSION dapat gunakan dalam berbagai kebutuhan hal ini sangat menguntungkan bagi programmer web. Anda dapat menggunakan fitur ini sebagai penyimpanan data berupa string, boolean, int, float dan lain sebagainya. Sama dengan variabel pada umumnya pemprograman PHP. Dari pemahan ini SESSION dapat implementasi pada login, cart shopping, atau lainnya.

Cara lain memahami SESSION adalah dengan menganggap bahwa SESSION merupakan tempat pendeklarasian variabel yang dapat di akses pada setiap halaman di web anda. Dapat dilihat di bawah ini :


Gambar 1 Ilustrasi Pemahaman SESSION Terhadap WEB dilihat dari sisi Client 

Maksud dari gambar tersebut SESSION berada di atas, yang mengartikan bahwa setiap halaman web dapat mengakses SESSION, yang kemudian setiap halaman web ini bisa menggunakan untuk berkomunikasi satu dengan yang lainnya antar halaman web di website anda. Komunikasi ini bisa digunakan untuk mengambil data yang telah di proses di page sebelumnya yang kemudian diteruskan oleh page selanjutnya.

Cara menggunakan SESSION sangatlah mudah. lihat kode di bawah ini :
<?php
//gunakan untuk mengaktifkan SESSION
session_start();

//gunakan untuk membuat variabel pada SESSION dengan nama var JawaJava kemudian diisikan nilai 100
$_SESSION['JawaJava'] = 100;

//memasukkan nilai var JawaJava yang ada di SESSION ke dalam var Chaa
$Chaa =  $_SESSION['JawaJava'];

//digunakan untuk mencek var yang terset pada SESSION, jika ada nilai Return True, jika tidak ada False.
isset($_SESSION['JawaJava']);
?>
Untuk menghapuskan yakni :
<?php
//hapus variabel secara spesifik pada SESSION
unset($_SESSION['JawaJava']);

//hapus keseluruhan yang ada pada SESSION
session_destroy();
?>
SESSION memiliki waktu kadaluarsa sehingga SESSION dapat menghilang jika diluar waktu yang telah di set dan jika session tidak dapat di akses atau di gunakan, bisa jadi anda belum mengaktifkan SESSION di halaman tersebut.

Sekian, Salam #indonesiaHarusMaju

Comments

  1. Lanjutkan :D sangat bermanfaat.. Jadi lumayan ngerti tentang session. Enak kalo diterangin pakai bahasa yang mudah :) Request, tutorial form login dengan banyak user dong yang lengkap...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts