Arduino, Kenalkah Mereka?

Menurut anda apa itu Arduino ? kalo menurut saya, arduino itu hanya sebuah merk sebuah module elektronik dengan bebagai produk part-part elektronika yang bisa di gunakan untuk memudahkan para pecinta elektro di dunia. Hal yang menarik dari sebuah produk arduino adalah simple, mudah di gunakan dan memudahkan. Mengapa lebih mudah, simple dan mudah di gunakan sebelumnya lihat baik-baik ini merupakan sebuah produk dari arduino, yakni Arduino UNO.
 
Gambar 1 Arduino UNO
Sumber : http://arduino.cc/
 
Sebuah kemenarikan dari sebuah produk arduino. Arduino memiliki banyak sekali model-model yang di tawarkan beberapa unit yakni UNO, MEGA, Leonardo, Due, Tre, Esplora, dan masih banyak lagi yang mungkin tidak bisa saya sebutkan satu-satu. 

Arduino menurut wikipedia.org di tuliskan bahwa "Arduino adalah pengendali mikro single-board yang bersifat open-source, diturunkan dari Wiring platform, dirancang untuk memudahkan penggunaan elektronik dalam berbagai bidang. Hardwarenya memiliki prosesor Atmel AVR dan softwarenya memiliki bahasa pemrograman sendiri."

Inilah arduino, Simple, Mudah dan Memudahkan. Selain itu arduino memiliki pemprogram sendiri, software-nya yang biasa di sebut Arduino IDE. Arduino IDE memiliki perkembangan dari versi Arduino 0001, Arduino 0002 hingga Arduino 1.5.7 IDE. Perkembangan yang terus dilakukan dan dikembangkan. Arduino di bentuk oleh Massimo Banzi dan David Cuartielles, mereka adalah orang-orang yang berasal dari italia tepatnya di kota Ivrea, pada tahun 2005. 

Produk arduino bisa anda gunakan dalam berbagai kesempatan, dari membuat sirkuit sederhana hingga robot mutahir. tergantung pada skill pemprogram anda dan pengetahuan tentang rangkaian. dari dua hal itu sangat mutlak jika anda ingin membuat sebuah rangkaian. Sebuah pepatah tak ada yang sulit jika dilakukan, jadi percaya anda pasti BISA!.

Software Arduino yakni Arduino IDE, memiliki kegunaan untuk meng-download program buatan anda ke micro yang ada di produk arduino. menggunakan bahasa c++ yang sudah tidak asing di masyarakat dunia. Arduino IDE ini sama halnya dengan CodeAvr atau WinAvr yang biasa kita kenal. tetapi konsep di Arduino IDE sedikit berbeda. Lebih mudah, Karena sudah di miliki oleh software ini berupa library-library yang dengan mudah di dapatkan di internet, tidak hanya itu banyak orang-orang yang suka rela membagi library buatan mereka untuk anda. 

Pemprograman Konsep Arduino IDE sangatlah sederhana. 3 bagian utama dari dasar pemprograman arduino yaitu #include, void setup() dan void loop() . #include digunakan untuk memasukkan program yang lain atau library ke dalam program anda. Void setup() merupakan bagian inisialisasi, perlu di ketahui bagian setup() ini hanya di baca sekali ketika arduino di nyalakan. Di dalam setup() ada beberapa yang bisa anda tuliskan seperti inisialisasi mode pin, setting yang di perlukan untuk library atau inisialisasi komunikasi serial dan lainnya. Void loop() bagian yang melakukan perulangan terus menerus sehingga microcontroller seperti memiliki otak, ya inilah yang bekerja tanpa hentti untuk melakukan hal itu. Dari konsep perulangan terus menerus kita bisa menuliskan kode program yang kita butuhkan. 

Berikut ini contoh program dari Arduino IDE :

// setup hanya berjalan sekali ketika dinyalakan
void setup() {
  // inisialisasi komunikasi serial
  Serial.begin(9600);
}

// perulangan microcontroller
void loop() {
  // membaca nilai digital dari ADC0 atau pin A0
  int sensorValue = analogRead(A0);
  
  // merubah ke nilai tegangan dari nilai digital 0-1023 ke 0-5V tergantung perubahan
  float voltage = sensorValue * (5.0 / 1023.0);
 
  // menampilkan hasil perubahan di variabel voltage ke console Arduino IDE
  Serial.println(voltage);
}

Kode diatas dapat anda lihat seperti itulah contoh pemprograman Arduino IDE. bahwa ada 2 bagian  void setup() dan void loop() seperti yang telah di jelaskan sebelumnya. kebetulan di kode itu tidak memerlukan library tambahan.


Comments

  1. sebetulnya pemrograman menggunakan IDE arduino bisa juga menggunakan truktur baku C seperti

    #include .....
    #define ... ...

    int main()
    {
    Serial.begin(9600);

    while(1)
    {

    }
    }

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya pak, Terima Kasih atas Pemberitahuannya :)

      Delete

Post a Comment

Popular Posts